Rabu, 06 Juli 2011

Timnas U-16 Bertolak ke Laos


 Timnas Indonesia U-16 yang berkekuatan 20 pemain bertolak ke Vientiane, Laos, Selasa, untuk tampil di AFF U-16 Championship, 7-20 Juli 2011.

Pelatih U-16 Indonesia Mundari Karya kepada wartawan di Jakarta, mengatakan, pasukan muda Merah Putih bertolak dari Tanah Air pada Selasa.

"Latihan hari terakhir, kami fokus pada pematangan permainan saja. Untuk barisan pertahanan masih harus disempurnakan, selain koordinasi saat bertahan, antisipasi bola atas juga kita berikan," katanya.

Untuk barisan gelandang, menurut Mundari, dirinya mencoba memoles agar proses bertahan mereka lebih rapi, dan yang lebih penting, bagaimana peralihan dari bertahan ke menyerang yang efisien dan cepat.

Dalam pertandingan nanti, Mundari mengatakan, strategi yang lazim digunakan tim sepak bola di level muda adalah lebih banyak mengedapankan kecepatan.

"Tidak hanya cepat bertahan, kecepatan dalam menyerang lewat serangan balik juga lebih banyak diterapkan sepak bola di Asia Tenggara atau bahkan dunia," katanya.

Timnas U-16 ini suah menjalani pemusatan latihan sejak dua pekan lalu. Sebanyak 28 pemain yang dipersiapkan untuk event bergengsi di Asia Tenggara ini.

"Dari 28 nama yang dipanggil mengikuti Pelatnas dari 26 Juni lalu, jajaran pelatih akhirnya hanya menyertakan 20 nama, delapan nama terpaksa di tinggal di Tanah Air. Tidak ada istilah dicoret, ini pembinaan. Fokus kita di kualifikasi Piala Asia pada Oktober mendatang," kata Mundari.

Sementara Ketua BPPUM Rahim Soekasah menyatakan, untuk tim junior tidak ada target yang dibebankan pada mereka. "Ini merupakan level junior jadi tidak ada target untuk mereka harus menjuarai. Event ini adalah sasaran antara kita menuju Piala Asia junior," katanya.

Rahim yang mantan ketua BTN dan sekarang maju sebagai calon ketum PSSI periode 2011-2015 itu bersyukur untuk tim junior ini dapat berangkat dan tidak terkendala soal pendanaan.

"Kami berharap kongres lancar sehingga timnas junior dapat bertanding hingga selesai di event ini," katanya.

Sementara Timnas U-16 Filipina juga terah berlatih di Cebu untuk tampil di event ini.

Berdasarkan situs resmi AFF, Tim muda ini ditangani pelatih kepala Tomasito Glenn Ramos dan dibantu asisten Jeffrey Liman dan pelatih kiper Joeme Tolosa.

Indonesia akan bergabung dalam grup A bersama Laos, Thailand, Malaysia, Timor Leste, sedangkan grup B bercokol Myanmar, Vietnam, Singapura, Kamboja dan Filipina.

Daftar pemain:

-Kiper: Muhammad Reza Pratama (Indonesia Football Academy / AFI), Muhamad Aek Nabara (Asiop Apacinti)

-Pemain Belakang: Bagas Adi Nugroho (AFI), Rizky Syawaludin (AFI), Helmi Madila Ihza (AFI), Zalnando (AFI), Rahmat Hamka (PPLP Maluku Utara), Bryan Agung Fahlevi (Asiop Apacinti), Rizky Juang Pratama (Diklat Ragunan)

-Pemain Tengah: Tedi (AFI), Muhammad Hargianto (AFI), Indra Kelana Nasution (AFI), Riski Setyawan (AFI), Irvan Ibrahim Yanes (AFI), Hanif Abdurrauf Sjahbandi (AFI), Rendi Refsanyami (MUBa Sumatera Selatan), Terens Owang Puhiri (Persipura U-15), M Firdaus Hudayana (Diklat Ragunan)

-Pemain Depan : Ichsan Hari Kurniawan (AFI), Septian David Maulana (Bhaladika Jawa Tengah).


Jadwal pertandingan tim Indonesia:

-Kamis (7/7) : Indonesia vs Timor Leste

-Sabtu (9/7) : Indonesia vs Malaysia

-Senin (11/7): Laos vs Indonesia

-Rabu (13/7) : Indonesia vs Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar