Rabu, 06 Juli 2011

Sebelum Buat Blog Dot COM Dengan Nama Sendiri

Seorang teman pernah bertanya kepada saya,"Gimana ya cara buat blog domain .com dengan nama kita sendiri?" 
Pertanyaan seperti ini juga dulu pernah saya hadapi, waktu itu saya mau buat blog dengan domain sendiri tetapi tidak tahu cara membuat blognya. Tetapi setelah mencari informasi di internet dan memberanikan diri bertanya kepada pemilik blog via email, chatting, akhirnya saya bisa memiliki weblog dengan domain sendiri, ahmadsofwan.biz.

Btw, klu Anda ingin bertanya sesuatu tentang domain atau hosting ini, saya akan dengan senang hati membantu, silahkan hubungi saya via facebook. :)

Nah, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa membantu teman yang lagi mencari informasi gimana caranya buat blog dengan domain sendiri.

Sebelum memutuskan untuk memiliki domain sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

  • Untuk memiliki domain sendiri kita harus membeli domain yang kita inginkan, perkiraan biaya untuk register domain .com selama setahun sekitar 100 -150 ribu rupiah, dengan syarat domain yang kita inginkan belum terdaftar atas nama orang lain
  • Kita bisa membeli domain saja tanpa harus membeli hosting domain, artinya bisa dibeli secara terpisah.
  • Kita juga bisa membeli domain dan menggunakan blogspot sebagai hostingnya. Maksudnya blog sebelumnya sudah kita buat (mis: lbsfighter.blogspot.com) bisa kita buat menjadi www.namadomainsaya.com (tentunya www.namadomainsaya.com sudah terlebih dahulu kita beli)
  • Domain dan hosting itu berbeda, klu domain itu adalah nama website/blog yang kita ketikkan pada address browser atau sebagai alamat/penanda sebuah weblog. Sedangkan hosting itu adalah tempat menyimpan file-file dan bandwith untuk traffic blog. Hosting biasanya terbagi atas 2 yaitu, space hosting (kapasitas penyimpanan) dan bandwith hosting (kapasitas traffic blog). Saat membeli paket hosting biasanya keduanya sudah termasuk dalam paket pembelian hosting. Untuk lebih jelas silahkan baca informasi dari wikipedia tentang apa itu webhosting dan nama domain.
Okey, artikel ini hanya sebagai pengantar saja, selanjutnya perlu dilakukan pengaturan dns server atau pengaturan hosting blognya jika Anda memilih membeli hosting sendiri. Tunggu artikel selanjutnya tentang pengaturan domain sendiri terhadap hosting blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar