Senin, 04 Juli 2011

Pantai Sumur Tujuh

Pantai Sumur Tujuh merupakan pantai yang banyak dikunjungi masyarakat khususnya muda- mudi. Selain jaraknya dekat dengan Kota Koba Ibukota Bangka Tengah sekitar 2 KM, juga pemandangan indah dengan pasir putih, dan terdapat 7 buah sumur peninggalan Belanda.
Salah satunya pantai Sumur Tujuh yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, tepatnya sekitar 5 km dari Koba yang menjadi ibukota Kab. Bangka Tengah. Letaknya yang tidak jauh dari pemukiman membuatnya menjadi salah satu pantai favorit tujuan rekreasi warga sekitar Koba dan beberapa daerah lain.
Di pantai Sumur Tujuh juga terdapat benda bersejarah yang termasuk peninggalan jaman jepang. Yaitu tujuh buah sumur yang berdiameter 2 meter, konon sumur itu dijadikan tempat untuk menampung air laut melalui lubang didalamnya yang mengarah kelaut dan dijadikan juga sebagai tempat pembuatan garam.
Tekstur pantai yang landai dan berpasir putih dilokasi tersebut membuat betah siapapun yang melancong ke pantai Sumur Tujuh. Sering juga digunakan warga untuk menjaring ikan dengan jaring yang biasa digunakan para nelayan.

Di pantai Sumur Tujuh juga terdapat benda bersejarah yang termasuk peninggalan jaman jepang. Yaitu tujuh buah sumur yang berdiameter 2 meter, konon sumur itu dijadikan tempat untuk menampung air laut melalui lubang didalamnya yang mengarah kelaut dan dijadikan juga sebagai tempat pembuatan garam. Proses pembuatan tersebut dilakukan dengan cara mengalirkan air laut ke dalam 7 buah sumur tersebut disaat air laut pasang. Pada saat air laut surut dan cuaca cukup panas maka akan tercipta kristal-kristal garam. Kristal-kristal tersebut kemudian diambil dan dijadikan sumber yodium untuk bumbu bahan masakan. Sampai sekarang sumur itu masih ada, namun tidak terawat dengan baik. Bila kita melongok kedalam yang terlihat sampah-sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Terkadang ada ular dan biawak juga. Menurut sebagian orang tua dulu itulah mengapa nama pantai itu disebut dengan pantai tujuh sumur.Objek Wisata Indonesia Surga Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar